Apa Itu Lipoma?

Apa Itu Lipoma?

Lipoma adalah gumpalan lemak yang tumbuh di jaringan lunak tubuh Anda. Meskipun diklasifikasikan sebagai tumor, biasanya tidak berbahaya. Ini adalah tumor yang paling umum terbentuk di bawah kulit Anda. Sekitar 1 orang dari setiap 1.000 akan mendapatkan satu di beberapa titik. Anda paling sering menemukannya di tubuh bagian atas, lengan, atau paha.

Gejala Lipoma

Biasanya muncul sebagai benjolan kecil dan lunak. Mereka biasanya kurang dari 2 inci. Anda bisa memiliki lebih dari satu. Ketika Anda menekan lipoma, mungkin terasa pucat. Ini akan bergerak dengan mudah dengan tekanan jari. Mereka biasanya tidak sakit, tetapi mereka dapat menyebabkan rasa sakit jika mereka melawan saraf di dekatnya atau memiliki pembuluh darah yang mengalir melalui mereka.

Ada banyak jenis tumor kulit, tetapi lipoma biasanya memiliki karakteristik yang berbeda. Jika Anda curiga memiliki lipoma, gejala umumnya akan :

  • lembut saat disentuh
  • bergerak dengan mudah jika didorong dengan jari Anda
  • tepat di bawah kulit
  • tidak berwarna
  • tumbuh perlahan

Lipoma paling umum terletak di leher, lengan atas, paha, lengan bawah, tetapi mereka juga dapat terjadi pada area lain seperti perut dan punggung. Lipoma hanya menyakitkan jika menekan saraf di bawah kulit. Varian yang dikenal sebagai angiolipoma juga lebih sering terasa sakit daripada lipoma biasa. Anda harus menghubungi penyedia layanan kesehatan jika Anda melihat adanya perubahan pada kulit Anda. Lipoma dapat terlihat sangat mirip dengan kanker langka yang disebut liposarkoma.

Apa faktor risiko untuk mengembangkan lipoma?

Penyebab lipoma sebagian besar tidak diketahui, meskipun mungkin ada penyebab genetik pada individu dengan beberapa lipoma, menurut Klinik Cleveland. Risiko Anda terkena benjolan kulit jenis ini meningkat jika Anda memiliki riwayat keluarga yang memiliki lipoma. Kondisi ini paling umum pada orang dewasa antara usia 40 dan 60, menurut Mayo Clinic. Kondisi tertentu juga dapat meningkatkan risiko perkembangan lipoma Anda. Ini termasuk :

– Adiposis dolorosa (gangguan langka yang ditandai oleh banyak, lipoma yang menyakitkan)

– Sindrom Cowden

– Sindrom Gardner (jarang)

– Penyakit Madelung

– Sindrom Bannayan-Riley-Ruvalcaba

Penyebab

Penyebab lipoma tidak sepenuhnya dipahami. Mereka cenderung terjadi turun menurun dalam keluarga, sehingga faktor genetik cenderung berperan dalam perkembangan mereka.

Bagaimana prospek seseorang dengan lipoma?

Lipoma adalah tumor jinak. Ini berarti bahwa tidak ada kemungkinan lipoma yang ada akan menyebar ke seluruh tubuh. Kondisi ini tidak akan menyebar melalui otot atau jaringan lain di sekitarnya, dan itu tidak mengancam jiwa. Lipoma tidak dapat dikurangi dengan perawatan sendiri. Kompres hangat dapat bekerja untuk jenis benjolan kulit lainnya, tetapi mereka tidak membantu untuk lipoma karena mereka terdiri dari kumpulan sel-sel lemak.

Faktor risiko

Beberapa faktor dapat meningkatkan risiko terkena lipoma, termasuk :

– Berusia antara 40 dan 60 tahun. Meskipun lipoma dapat terjadi pada segala usia, mereka paling umum pada kelompok umur ini.

– Genetika. Lipoma cenderung terjadi dalam silsilah keluarga.

Bagaimana lipoma didiagnosis?

Penyedia layanan kesehatan dapat mendiagnosis lipoma dengan melakukan pemeriksaan fisik. Rasanya lembut dan tidak menyakitkan. Selain itu, karena terbuat dari jaringan lemak, lipoma mudah bergerak ketika disentuh. Dalam beberapa kasus, dokter kulit mungkin melakukan biopsi lipoma. Selama prosedur ini, mereka akan mengecek sebagian kecil dari jaringan dan mengirimkannya ke laboratorium untuk pengujian. Tes ini dilakukan untuk mengesampingkan kemungkinan kanker. Meskipun lipoma tidak bersifat kanker, jarang dapat meniru liposarkoma, yang ganas, atau kanker.

Jika lipoma Anda terus membesar dan menjadi terasa sakit, dokter dapat mengangkatnya untuk menghilangkan rasa tidak nyaman serta menyingkirkan liposarkoma. Pengujian lebih lanjut menggunakan MRI dan CT scan hanya mungkin diperlukan jika biopsi menunjukkan bahwa dugaan lipoma sebenarnya adalah liposarkoma.

Kapan harus ke dokter?

Lipoma adalah bukan penyakit yang merupakan kondisi medis yang serius. Tetapi jika Anda melihat adanya benjolan atau pembengkakan di bagian tubuh Anda, periksakan ke dokter.